Rabu, 02 Februari 2011

Kapal Kato Kesultanan Siak

Kapal Kato Kesultanan Siak merupakan sebuah kapal besi dengan bahan bakar batu bara yang dimiliki oleh Sultan Siak. Kapal ini selalu dinaikinya pada saat-saat berkunjung ke daerah-daerah kekuasaannya, atau saat Sultan Siak melakukan kunjungan kerja ke daerah bawahannya, atau pun juga sekedar untuk berpesiar. Kapal Kato ini berukuran panjang 12 m dengan berat 15 ton. Monumen Kapal Kato ini terletak di pinggir Sungai Siak merupakan sosok monumen bersejarah yang dapat dikenang untuk generasi mendatang.

Mulanya kapal ini diletakkan di samping Pentas Siak Bermadah dan lalu kemudian saat ini dipindahkan ke Kompleks Istana Siak sejak tahun 2009. Pemindahan ini melalui ijin Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Batusangkar yang berada di Batusangkar - Sumatera Barat, karena wilayah Riau masih berada dalam kelolaan BP3 Batusangkar. Setelah dipindahkan ke tempat yang baru, Kapal Kato ini lebih terawat dan indah. Didampingi dengan 2 buah pohon manggis yang rimbun semakin menambah suasana indah dan tenteram. Kapal ini mirip dengan kapal jenis "tugboat" jaman sekarang yang selalu berseliweran melayari Sungai Siak.



King of Siak - Kato Ship

Kato Ship. It is a metal ship owned by Siak Sultan and he often came aboard of it when visiting other districts under him. This ship is 12 meters long weighs 15 tons and is located at Siak River banks. It is a significant monument and will always remind of its history.

Sumber :
http://siakkab.go.id/wisatasejarah_172_Kapal-Kato.html
http://www.riaudailyphoto.com/2011/01/kapal-kato.html
http://riautourismboard.com/page/24479/kabupaten-siak.html
http://bumi-nusantara.blogspot.com/2009/08/wisata-kapal-kato.html

BP3 Batusangkar Prov. Sumatera Barat dan Riau
Jl. Sultan Alam
Bagagarsyah
Batusangkar 27211
Sumatera Barat
Telp.+62 752 71451
Fax. +62 752 71953
E-mail: bp3.batusangkar@budpar.go.id