Senin, 29 Juli 2013

TRAINING KONSERVASI 2013 Bangunan Cagar Budaya

TRAINING KONSERVASI 2013
Bangunan Cagar Budaya Berstruktur
Bata yang Berpotensi untuk Pemanfaatan Kembali


Waktu : 10 – 17 September 2013.
Tempat :
Jakarta – Gombong – Mojokerto – Surabaya
Penyelenggara :
UP Balai Konservasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Ikatan Arsitek Indonesia (IAI)

Latar Belakang
Kota-kota di Indonesia mempunyai banyak bangunan cagar budaya yang dapat dianggap sebagai aset properti (building stock) yang dapat dipergunakan kembali secara optimal untuk kepentingan hari ini. Akan tetapi kondisi bangunan itu banyak yang rusak atau kurang pemeliharaan. Untuk dapat menggunakan kembali bangunan itu memerlukan tindakan-tindakan perbaikan agar mencapai standar fungsi dan keselamatan penghuni, kenyamanan secara fisik & emosional (well being) selain sisi historis.

Hanya dengan berbekal pengetahuan yang baik tentang bentuk dan konstruksi lama dari bangunan itu sajalah yang memungkinkan seorang tenaga profesional dapat mengambil keputusan yang tepat untuk melakukan tindakan perbaikan apa yang harus diambil. Dalam kegiatan training ini peserta juga dituntun untuk mengenali dan memahami dengan benar tentang metode dan konstruksi bentuk dan sifat dari berbagai macam bangunan cagar budaya di lokasi yang berbeda-beda karena setiap bangunan bersejarah itu memiliki konteks dan persoalan yang unik. Untuk itu, materi-materi dalam training ini akan diberikan oleh para ahli dan mentor yang berpengalaman lama di lapangan.

Tujuan
Tujuan training ini adalah untuk memberikan pengetahuan mengenaipermasalahan dan solusi teknis mengenai konservasi khusus bangunan tua dengan struktur dan material bata yang berpotensi untuk pemanfaatan kembali (adaptive-reuse) yang sesuai dengan kaidah-kaidah konservasi. Target peserta training ini adalah agar peserta yang terdiri dari arkeolog, arsitek, staff riset dan konservasi yang bekerja di pemerintahan mampu menangani permasalahan konservasi di wilayahnya masing-masing.


Program
MODUL 1 JAKARTA - Kota Tua
Lectures:
Undang-undang dan aspek hukum pemanfaatan kembali bangunan cagar budaya
oleh Saiful Mujahid, SH
Metodologi konstruksi bangunan berstruktur dinding pemikul bataoleh Han Awal, IAI
Teknologi struktur bata sejak masa purbakala oleh Prof. Mundarjito
Conservation planning and Project Management oleh Bruce Pettman (NSW government architect)
Practical On Site Survey5
Bangunan di Kota Tua
Latihan observasi pengenalan bangunan, menggambar sketsa bangunan, mengidentifikasi dan memetakan kerusakan bangunan dengan metode quick scan, diskusi untuk menginterpretasikan sebab kerusakan.

MODUL 2 GOMBONG - Benteng Van der Wijck
On site
Lectures
Struktur bata pada benteng (sifat,perilaku), macam penelitian dan analisis struktur pada konstruksi bata, retrofitting
oleh Dipl. Ing. Josia Rastandi
Typical damage and repair technic of brickmasonry buildingoleh Joy Singh (NSW government architect)
Practical On Site Survey Benteng Van der Wijck

MODUL 3 - MOJOKERTO

On site
Lecture Trowulan, Mojokerto
Tekno
Arkeologi Bangunan Bata di berbagai propinsi di Indonesia oleh Ismiyono
Metode
teknis pelaksanan dan pengawasan konservasi bangunan bata religius di Bali oleh Widyana Sudibya, IAI
Reporting
Peserta training akan membuat report/laporan sebagai hasil rekapitulasi materi, pengetahuan yang telah dipelajarinya serta pandangannya terhadap isu konservasi bangunan bata di masa depan di akhir kegiatan training.

Pendanaan
Seluruh biaya akomodasi dan perjalanan peserta selama kegiatan training ini berlangsung ditanggung sepenuhnya oleh pihak penyelenggara.
Persyaratan Peserta
- Usia dibawah 40 tahun, minimal S1.
- Pegawai profesional yang bekerja sebagai staff arsitek, arkeolog,sipil, atau pengambil kebijakan di instansi pemerintah yang menangani pemugaran seperti Pemrov DKI Jakarta, Dinas PU, P2B, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Bappeda, Dinas Perumahan, Dinas Tata Ruang dan Lingkungan Hidup, PPLHD, DTR, Museum, Sudin, Kantor Walikota dan lain-lain.
- Bersedia untuk mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dan perjalanan training baik dari awal hingga akhir, mulai di Jakarta hingga berakhir di Surabaya.

Prosedur Pendaftaran
Calon peserta yang hendak mengikuti training ini harus mendaftar dengan mengirimkan dokumen :
- Formulir pendaftaran
- Laporan singkat yang berisiresume tentang latar belakang motivasinya mengikuti training ini, pekerjaan konservasi di wilayahnya masing-masing dan kesulitan-kesulitan yang ditemuinya, atau ketertarikannya pada bangunan cagar budaya, maksimal 3 lembar halaman.
- Surat pernyataan kesediaan untuk mengikuti seluruh kegiatan dan perjalanan selama training (bermaterai)

Dokumen harus dikirim paling lambat Rabu, 21 Agustus 2013 ke alamat email trainingbata2013@gmail.com atau ke alamat sekretariat di bawah. Tim seleksi training akan memilih 25 peserta berdasarkan laporan/report yang telah dikirmkan. Calon peserta yang lulus seleksi akan diumumkan pada Senin, 26 Agustus 2013 lewat email dan atau telepon.

Sekretariat Training Pelestarian
Unit Pelaksana Balai Konservasi
Dinas Pariwisata dan Kebudayaan
Pemprov DKI Jakarta
Jl. Pintu Besar Utara no 12. Kotatua Jakarta 11110
Telp. (021) 6918843 Fax.(021) 6928017

Ikatan Arsitek Indonesia
Gedung JDC Lt 7
Email : trainingbata2013@gmail.com

Gambar :
http://instagram.com/attayaya#