Senin, 26 Mei 2014

Bulan Pusaka 2014 resmi ditutup!

Bulan Pusaka Pekanbaru 2014 adalah acara yang ditaja oleh Yayasan Riau Heritage, acara Bulan Pusaka yang dimulai pada 18 April 2014 dan selesai pada 18 Mei 2014. Acara ini berlangsung selama sebulan penuh dan dikabarkan bahwa acara ini adalah acara terlama dalam memamerkan sajian pusaka Riau, Kegiatan terbagi dari dua sesi yaitu disiang hari dan kemudian dilanjutkan dimalam harinya.

Dalam melangsungkan acara ini, sebelumnya sudah terdapat beberapa relawan Riau yang tergabung dalam Panitia, Panitia dibagi tugas karena acara ini sangat banyak penampilan-penampilan menarik dan juga adanya lomba.

Acara Bulan Pusaka Pekanbaru dilaksanakan di Lt. II TB Gramedia Pekanbaru Jl.Sudirman.

Sudah sebulan penuh juga kita dari Riau Heritage merusuh dengan bangga di sana . Tentunya dengan dukungan para komunitas dan juga pengisi acara yang luar biasa. Entah apakah cukup disebutkan satu-satu atau tidak untuk rasa terimakasih yang teramat sangat atas kerjasamanya.

Diminggu pertama ada bang T Said Eka Nusirhan dari Siak Heritage dan Sanggar Tenunan Siak Mekar Permai, dan Juga bang Ujang dan Kak Dewi pengrajin tenun dari sanggar Rias Encik Hasnah.


Kemudian ada bang Oli Rinson untuk bedah buku, pak H. Yunus untuk pertunjukan Tradisi pengobatan Rentak Bulian yang udah datang jauh-jauh dari siak.



Juga ada teman-teman dari Rumah Budaya Siku Keluang terimakasih banyak om Heri Budiman atas bantuan dan kerja samanya.

Teman-teman dari Pcmi Riau yang sudah berkunjung dan Bantuan dari kak Alfa Nonie yang selalu siap membantu kita dari awal hingga akhir. Arigatou Gozaimas minna (Terimakasih banyak dalam Jepang)

Diminggu kedua ada Galeri Batik Semat Tembaga yang dipimpin oleh pak Amrun Salmon, serta dua orang pembatik cantik dari Dekranas Siak.



Lalu ada sanggar Latah Tuah dan juga teman-teman dari KOPMAS Madu Sialang dari Bangkinang serta adik-adik dari SMK PGRI Bangkinang yang turut serta meramaikan. Kalian luar biasa ^_^

Juga ada bang Griven. H. Putra untuk bedah bukunya yang sangat menarik.


Diminggu ketiga kembali ada kak Dewi dan kak Susi untuk kegiatan menekatnya dari Sanggar Rias Encik Hasnah.


Dan ada kakak kita Vitria Sushanti yang sudah membedah buku Malin Bonsu yang sempet bikin galau Tamin dan Febi IndriaMedha

Thanks juga buat teman-teman Ghazal dari Museum Sang Nila Utama Riau. Ada juga performance keren dari teman-teman STSR. ^^

Di minggu terakhir ada Pemutaran Video sampan tradisional yang digarap oleh teman-teman Bertuah TV Team hasilnya keyen gitu Terimakasih untuk Pak Taufik (pembuat perahu) yang sudah bersedia saat proses pembuatan sampannya kita acak-acak beberapa hari.


Lalu juga ada penampilan keren dari Kelatah Budak untuk penampilan Batu Belah Batu Betangkupnya yang bikin rusuh Gramedia.

Tidak Lupa juga teman-teman dari Riau Beraksi yang dipimpin oleh bang Willy Fwi yang ternyata si Aleph Ardvince juga tergabung disana. Thx yaa sudah meramaikan

Ada juga bang Jon Kobet yang sudah sharing banyak mengenai bukunya Cerita Rakyat Melayu Rokan. Banyak pengetahuan baru bang. terimakasih untuk kesediaannya datang jauh-jauh.

Tak Lupa buat Danny Rizkiramadhani dan teman-teman dari Swaraloka yang telah bersedia ikut serta merusuh di Gramedia Sudirman Pku .

Hampir terlupa, terimakasih juga buat teman-teman dari Gasing Kelana dan Sanggar Kasimiyah kalian kereeeeeen

Thx buat penampilan keren dari Spot Djantoeng dan bang @Parlindungan Ravelino yang selalu bersedia membantu setiap kali ditelfon mendadak

Untuk teman-teman dari Riau Mengajar ada Henny Rahmawati ID, Redha Alfian. Salam buat semuanya yaa maaf ngga kesebut.

Video Pembuatan Perahu Tradisional Riau Heritage


Sekian Ucapan Terimakasih kepada seluruh pengisi acara Bulan Pusaka 2014, Seniman-seniman Riau dan kepada masyarakat Riau yang telah ikut berpartisipasi dalam acara ini... Dan spesial kepada Panitia yang luar Biasa Semangat ;))) Sampai jumpa di acara Bulan Pusaka 2015, Wassalam