Kamis, 16 Januari 2014

BULAN PUSAKA GRAMEDIA PEKANBARU 2014


LATAR BELAKANG DAN PEMAKNAAN 7
Berawal dari ide luhur pihak Gramedia Pekanbaru untuk terlibat dalam pelestarian pusaka Riau dengan memberikan ruang dan waktu bagi penggiat pelestari pusaka untuk mengenalkan kekayaan dan nilai penting pusaka budaya di Riau kepada para pengunjung toko buku Gramedia Pekanbaru.

Penggiat pelestari pusaka bersama Gramedia berusaha untuk menyebarluaskan informasi dan pemahaman atas Pusaka Indonesia, Pusaka Alam, Pusaka Budaya termasuk juga Pusaka Saujana. Pusaka Indonesia adalah pusaka alam, pusaka budaya dan pusaka saujana. Pusaka alam adalah bentukan alam yang istimewa. Pusaka budaya adalah hasil cipta, rasa, karsa dan karya yang istimewa dari lebih 500 suku bangsa di Tanah Air lndonesia, secara sendiri-sendiri, sebagai satu kesatuan bangsa Indonesia dan dalam interaksinya dengan budaya lain sepanjang sejarah keberadaannya. Pusaka saujana adalah gabungan pusaka alam dan pusaka budaya dalam kesatuan ruang dan waktu.

NAMA DAN BENTUK KEGIATAN
lde luhur tersebut diterjemahkan menjadi kegiatan dengan tajuk “BULAN PUSAKA GRAMEDIA PEKANBARU”. Kegiatan ini diisi dengan berbagai bentuk kegiatan interaktif, pertunjukan kesenian, lomba, diskusi dan pameran selama satu bulan penuh.

TEMPAT DAN WAKTU
Kegiatan akan dilaksanakan di lantai dua Gedung Pusat Gramedia Pekanbaru, Jl. Sudirman Pekanbaru Riau mulai tanggal 01 - 30 April 2014. Acara Pembukaan 04 April 2014 pukul 19.00 WIB. Sedangkan Acara Penutupan akan dilangsungkan 27 April 2014 pukul 19-09 Wib.

JENIS-JENIS KEGIATAN
> Tari
> Lomba Mewarnai
> Lomba Tebak Gambar
> Lomba Menggambar
> Lomba Puzzle
> Lomba Berbalas Pantun
> Lomba Give Away Blog
> Lomba Fotografi
> Kegiatan Membatik
> Bedah Buku
> Silat
> Photo Box
> Tonel
> Kegiatan Pembuatan Perahu
> Makan Sirih
> Kegiatan Menekat
> Stand L’Chees Factory
> Kegiatan Bertenun
> Musik Tradisi
> Pameran Foto
> Baca Puisi
> Ghazal
> Nyanyian Panjang
> Heritage Rally

DESKRIPSI SINGKAT KEGIATAN
Diawali dengan acara pembukaan yang menampilkan budaya tari persembahan, kompang, silat dan makan sirih dan dimeriahkan dengan stand L’Cheese di area depan toko buku Gramedia, pengunjung dihantar ke area utama Bulan Pusaka Gramedia Pekanbaru dengan suasana kental kesenian Melayu Riau. Di lantai dua, pengunjung akan disuguhkan ratusan foto-foto pusaka Riau, kegiatan membatik yang akan bergantian dengan kegiatan menekat, menenun dan juga membuat perahu.

Selama satu bulan, dekorasi di lantai dua akan dirubah bemuansa pelestarian pusaka. Suasana ini akan diperkuat dengan banyaknya kegiatan harian yang silih berganti tampil seperti, tari, permainan musik, pembacaan puisi, lomba berbalas pantun, bedah buku, lomba mewarnai, lomba menggambar, tonel, lomba tebak gambar, lomba puzzle, nyanyi panjang dan juga lomba fotografi.

Seluruh rangkaian acara akan ditutup dengan kegiatan Heritage Rally bagi pengunjung toko buku Gramedia serta penyerahan hadiah bagi para pemenang seluruh lomba yang telah diadakan.

KEPANITIAAN
Pengelola kegiatan ini adalah kepanitiaan bersama antara pihak Gramedia Pekanbaru dengan Yayasan Riau Heritage beserta beberapa komunitas yang terlibat secara langsung. Dalam hal ini, Yayasan Riau Heritage berperan sebagai Panitia Pelaksana dan penanggung jawab keseluruhan acara.

SUSUNAN PANITIA INTI
Ketua : TaufikAsmara
Wakil : Hefflin Lazuardi
Sekretaris : D. Athri Kasih
Bendahara : Tengku Dini

UNDANGAN PARTISIPASI
Untuk mewujudkan pelaksanaan kegiatan ini dengan target dan kualitas yang mencerminkan tingginya nilai pusaka yang kita miliki, kami mengundang Tuan dan Puan, untuk ikut berpartisipasi mendukung pendanaan kegiatan ini, baik secara pribadi maupun korporat.

Sifat kegiatan yang non-profit mendorong kami untuk tidak menetapkan besaran dan tingkatan sumbangan dana yang dapat Tuan dan Puan berikan. Besar sumbangan dapat Tuan dan Puan berikan sesuai dengan anggaran yang telah kami susun.

Sumbangan Tuan dan Puan, jika diijinkan akan kami sebutkan dan cantumkan dalam setiap promo di seluruh media dan dekorasi Lantai 2 Toko Buku Gramedia Pekanbaru.

Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi :
Taufik Asmara : 085278904001
Dedi Ariandi : 081268123044